Rabu, 04 Juni 2008

Poliandri Turunkan Penari-penari Handal

GUNAKANLAH HANYA MADU HABBATUSSAUDA KARENA DI DALAMNYA MENGANDUNG MANFAAT MADU DAN HABBATUSSAUDA. AMIN.

Madu obat yang menyembuhkan bagi manusia (QS: An-Nahl: 69) Untuk pemesanan madu habbatussauda murni asli mesir no:1 Hub Bin Muhsin HP: 085227044550 / 021-91913103 email: binmuhsin_group@yahoo.co.id

===

NEW YORK, SELASA - Perkawinan ratu lebah dengan banyak pejantan atau poliandri memberi manfaat besar bagi koloninya. Sebab, hal tersebut dapat meningkatkan kualitas koloninya karena menghasilkan keturunan yang handal menari. Kualitas tarian seekor lebah menentukan kemampuannya mencari sumber makanan dan memilih lokasi sarang yang tepat.

Poliandri merupakan kebiasaan yang umum dilakukan ratu lebah dalam koloninya. Ratu-ratu lebah madu yang hidup di Amerika Utara rata-rata kawin dengan 20 pejantan dalam sarangnya, bahkan lebah madu besar di Asia sampai kawin dengan 104 pasangan dalam siklus hidupnya.

Tentu bukan karena alasan ratu lebah punya nafsu seksual yang terlampau tinggi. Meskipun secara biologis ratu lebah kenyataannya memang memiliki kehidupan seks yang hebat, para peneliti penasaran dengan alasan sebenarnya.

Untuk mempelajari manfaat poliandri di koloni lebah, Heather Mattila, peneliti lebah dari Universitas Cornell, New York, AS, membandingkan ratu lebah yang hanya hidup dengan satu pejantan dan ratu lebah yang hidup dengan 15 pejantan di sarangnya. Masing-masing kelompok diambil sampel tiga ekor ratu lebah.

Hasil pengematan menunjukkan, lebah yang kawin dengan banyak pejantan menghasilkan keturnan-keturunan lebah pekerja yang lebih lihai dan lama menari. Padahal, semakin bagus tariannya, semakin besar kesempatan koloni lebah memeroleh sumber makanan.

Ini artinya, koloni yang memiliki individu-induvidu yang keragaman genetiknya tinggi memiliki kemampuan berburu lebih baik. Lebah-lebah pekerja menari dengan pola tertentu untuk menunjukkan di mana sumber makanan hingga lokasi yang baik untuk bersarang.

"Apa yang sungguh mengejutkan kami adalah perbedaan yang besar," ujar Mattila. Bahkan, dalam rekaman video, keturunan lebah dari pasangan tunggal hanya diam di atas sarangnya sementara keturunan lebah hasil polindri sudah bergerak mencari makan.

Penelitian sebelumnya menunjukkan adanya keragaman genetika pada setiap individu juga baik bagi koloni lebah karena menekan risiko penyebaran penyakit. Meski demikian, perilaku kawin dengan banyak pejantan hanya dilakukan lebah madu dan jarang ditemukan pada lebah lainnya, tawon, maupun semut.

"Lebah madu tidak biasa dalam artian cenderung memiliki populasi yang sangat besar dan bentuk komunikasi yang kompleks di antara pasangan kawin, dan bisa jadi begini, begitu Anda mencapai level kompleksitas tertentu, keragaman genetika membantu meningkatkan produktivitas yang dibutuhkan," demikian simpulan Mattila dalam Proceedings of Royal Society B. (LIVESCIENCE/WAH)


WAH
Sumber : LIVESCIENCE

SUMBER:

http://www.kompas.com/read/xml/2008/01/22/19243423


Madu obat yang menyembuhkan bagi manusia (QS: An-Nahl: 69) Untuk pemesanan madu habbatussauda murni asli mesir no:1 Hub Bin Muhsin HP: 085227044550 / 021-91913103 email: binmuhsin_group@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar