Kamis, 06 November 2008

MADU AMAN BAGI PENDERITA DIABETES

Madu obat yang menyembuhkan bagi manusia (QS: An-Nahl: 69) Untuk pemesanan madu habbatussauda murni asli mesir no:1 Hub Bin Muhsin HP: 085227044550 / 021-91913103 email: binmuhsin_group@yahoo.co.id
===
Hampir semua orang tahu manfaat madu bagi kesehatan. Madu murni bahkan aman bagi penderita diabetes melitus. Kandungan fruktosa yang tinggi dalam madu membantu merangsang produksi insulin alami bagi diabetesi.



Selama ini penderita diabetes atau diabetesi cenderung membatasi konsumsi gula. Tak heran, bermunculan tawaran gula diet buatan agar kadar gula darah tetap terkontrol.



Tak banyak orang yang melirik madu untuk dijadikan pilihan pengganti gula. Memang cukup beralasan, pasalnya banyak diabetesi yang merasa madu memiliki kandungan gula cukup tinggi.



Prof. Dr.Aznan Lelo, Sp.FK, PhD, ahli produk perlebahan dari Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, menilai bahwa madu dapat dijadikan sebagai gula pengganti yang aman dan efektif bagi diabetesi. Kalaupun terjadi kasus gula darah meningkat setelah minum madu, bisa jadi itu bukan madu murni.



“Bagi diabetesi, insulin dari luar sangat dibutuhkan untuk mengubah gula menjadi energi. Jika tidak ada insulin, kadar gula darah naik. Madu justru mengandung fruktosa, yang mampu merangsang produksi insulin. Jadi, prinsip kerjanya sangat berbeda. Fula membutuhkan insulin untuk menjadi energi, sedangkan madu justru memacu produksi insulin secara alami,” paparnya dalam seminar produk jperlebahan dan manfaatnya yang diselenggarakan High Desert di Jakarta.



Meski terbukti menekan laju gula darah dan mampu merangsang insulin secara alami, diabetesi harus tetap berhati-hati saat mengkonsumsi madu. Seringkali yang terjadi adalah penggunaan produk madu yang tidak murni. Artinya, madu telah dicampur dengan gula atau air yang dapat mengurangi khasiat sebenarnya.



(sumber : tabloid Senior No. 384/24-30 November 2006)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar