Jumat, 28 Agustus 2009

Cegah anemia pada gagal ginjal tingkatkan kualitas hidup pasien

INSYA ALLAH DENGAN PRIMASAUDA PLUS SEMUA JENIS PENYAKIT GINJAL BISA DICEGAH DAN DIOBATI. AMIN DETAIL KUNJUNGI http://primasaudaplus.blogspot.com

HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS:AN-NAHL: 69) UNTUK PEMESANAN HUBUNGI BIN MUHSIN HP:085227044550 / 021-91913103 EMAIL /YM : binmuhsin_group@yahoo.co.id friendster: ujang_bmz@yahoo.co.id

===

Cegah anemia pada gagal ginjal tingkatkan kualitas hidup pasien

Penelitian terbaru menyatakan pentingnya mempertahankan kadar sel darah merah yang cukup untuk kesehatan fisik dan mental pasien yang menderita penyakit ginjal kronik (PGK). Penemuan ini menunjukkan bahwa pencegahan anemia pada pasien PGK menjadi bagian penting dalam terapi pasien dengan PGK.

Erytropoiesis stimulating agents bermanfaat meningkatkan kadar sel darah merah (hemoglobin) dan akhir-akhir ini menjadi topik perdebatan dan penggunaannya untuk pasien PGK masih dipertanyakan. Studi terbaru menunjukkan peningkatan risiko kematian, pembekuan darah, stroke dan serangan jantung pada pasien PGK yang mengonsumsi Erytropoiesis stimulating agents di atas dosis yang dianjurkan (anjuran pemberian tidak melampaui kadar hemoglobin >12 g/dL).

Studi lain menemukan hubungan antara dosis yang dianjurkan dengan peningkatan risiko kematian pada pasien kanker dan risiko pembekuan darah pada pasien bedah tulang. Sebagai tambahan, US Food and Drug Administration menyatakan bahwa manfaat Erytropoiesis stimulating agents sebagai obat pemicu pembentukan sel darah belum terdokumentasi dengan baik, khususnya mengenai kualitas hidup pasien. Hal ini membuat para ahli ginjal sulit mempercayai bahwa Erytropoiesis stimulating agents secara bermakna menolong pasien PGK.

Dr. Fredric Finkelstein, dkk dari RS. St. Raphael dan Universitas Yale di New Haven, CT mempelajari kaitan antara kadar hemoglobin dan kualitas hidup pasien PGK (komponen fisik dan mental) untuk mengklarifikasi hal ini.

Sekitar 1.186 pasien PGK stadium tiga hingga lima berpartisipasi dalam studi tersebut dan dikelompokkan berdasar kadar hemoglobin (<11>

Studi ini dapat menjelaskan bahwa mempertahankan kadar hemoglobin sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan pasien PGK. Diperlukan studi tambahan untuk melihat peranan Erytropoiesis stimulating agents untuk meningkatkan kadar hemoglobin pada pasien PGK.

Referensi:

Preventing Anemia Is Important To Kidney Disease Patients' Quality Of Life. http://www.sciencedaily.com/. November 2008.

sumber : http://www.sahabatginjal.com/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar